Subuh Gabungan 15 Mei 2009


Subuh gabungan hari ini diselenggarakan di Musholla Baitul Khoir, acara dibuka dengan pembacaan shalawat dustur oleh H.Agot Efendi dilanjutkan pembukaan oleh Bp.Sudarma SAg. dan tahlil oleh H.Nur Hasan.

Sambutan dilaksanakan oleh perwakilan pengurus Musholla dan dilanjutkan dengan ceramah oleh Ust.M.Safari S.ST. Tema kali ini adalah tentang taqwa. Definisi Taqwa oleh Syekh Hafizh Hasan Mas'udi dalam kitabnya Taisirul Khollaq adalah :

امتثال اوامر الله عز وجل واجتناب نواهيه سرا وعلانية فلا تتم الا بالتخلي عن كل رذيلة واتحلي بكل فضيلة وهي الطريق الذي من سلك بها اهتدى والعروة الوثقى الذي من استمسك بها نجا
Taqwa adalah menjalankan perintah2 Allah Azza Wa Jalla dan menjauhi larangan2Nya baik sembunyi2 maupun terang2an dan tidak sempurna taqwa tanpa menjauhi hal2 yang rendah dan menghiasi diri dengan hal2 yang utama, taqwa adalah jalan yang orang menapakinya niscara mendapat petunjuk dan tali yang kuat yang orang berpegangan padanya akan bahagian/selamat.

Syekh DR. Nasih Ulwan dalam kitabnya Ar-Ruhaniyyah Ar-Robbaniyyah menjelaskan 5 cara menuju taqwa : yakni Mu'ahadah (ingat perjanjian) dan Muroqobah (merasa kedekatan Allah) adapun yang tiga lagi akan disampaikan pada kesempatan yang akan datang (demikian menurut Ustad kita).

Acara ditutup dengan do'a oleh Ust.H.Fardhon. Adapun minggu depan tanggal 21 Mei Subuh gabungan akan diadakan di Masjid Nurul Huda dengan penceramah Ust.Ruslan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar