Kuliah Subuh 19 Maret


Inilah penceramah kita : Ust. Syaifulloh S.HI.

Kuliah Subuh kali ini dilaksanakan di Majelis Ta'lim Nurul Islam, acara diawali dengan pembukaan oleh MC (Ust.Sudarma S.Ag), dilanjutkan dengan pembacaan dustur dan tahlil dipimpin oleh H.Nur Hasan.

Dalam sambutan sebagai ketua majelis ta'lim Bp. Ridwan memohon dukungan dari jama'ah subuh sekalian agar jamaah majelis ta'lim dapat istiqomah aktif dalam setiap kegiatan agama yang diselenggarakan di masyarakat. Memang khusus untuk majelis ta'lim terdapat kendala untuk mencapai istiqomah karena di sekitar majelis ta'lim tidak ada musholla sehingga aktivitas ibadah shalat 5 waktu biasa dilakukan di majelis ta'lim dan bila penanggung jawab majelis ta'lim mengadakan kegiatan seperti walimatul ursy di sana maka kegiatan ibadah shalat lima waktu jadi diliburkan.

Semestinya penceramah pada pagi ini adalah Ust. Jumadi tetapi karena beliau berhalangan hadir maka digantikan oleh Ust.Syaifulloh S.HI, dalam ceramahnya beliau mengajak hadirin untuk banyak bersyukur atas karunia yang sudah Allah berikan jangan bersyukur kalau kepepet saja. Dengan logat betawi yang khas beliau mengulas tentang maulid Nabi Muhammad SAW yang biasa diselenggarakan di kampung-kampung, dengan moment maulid maka umat Islam diajak untuk tidak hanya sekedar islam KTP, islam keturunan, atau islam KUA (karena mau menikah baru syahadat setelah itu ingkar lagi). Tetapi beliau mengajak umat Islam untuk benar-benar menjadi umat Islam yang beriman dan senantiasa meneladani akhlaq Rasulullah SAW bahkan kebiasaan yang tampaknya sepele seperti menguap dan menata rambut beliau sudah memberikan contoh yang sempurna. Misalnya ketika menguap maka disunnahkan kita untuk menahannya bila masih tidak mampu maka tutuplah dengan tidak bersuara dengan tangan sebelah luar (bukan telapak tangan). Sebagaimana firman Allah Ta'ala :
Laqad kana lakum fi rasulillahi uswatun hasanah "sungguh pada diri rasulullah terdapat suri teladan yang baik bagi kalian".

Acara ditutup dengan doa oleh Ust. Sahro dan pengumuman pelaksanaan kamis subuh gabungan minggu depan di musholla Nurul Mukmin dan undangan peringatan maulid di musholla At-Taubah tg. 22 Maret ba'da Isya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar