Kuliah Subuh 5 Maret 2009


Inilah Penceramah kuliah subuh kali ini : Ust. Muhammad Safari S.ST

Suasana Kamis Subuh kali ini agak dingin karena malamnya hujan, tapi tak menghalangi jamaah untuk hadir di Masjid Jami' Nurul Huda menghadiri subuh gabungan tanggal 5 Maret 2009.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC (H.Agot Effendi), lalu pembacaan shalawat dustur oleh H.Sahro, Tahlil oleh Bp. As'ad, dilanjutkan dengan sambutan dari pengurus masjid yang disampaikan oleh Ust.H.M.Yusuf HU.

Penceramah kali ini Ust.Muh.Safari S.ST, Ustadz muda yang pernah bersekolah di MTs. Tanwirul Qulub Karet Kuningan ini menyampaikan mulianya orang yang memiliki ilmu pengetahuan sehingga dikatakan oleh Nabi
العلماء ورثة الانبياء
Ulama' adalah orang-orang yang mewarisi Nabi, sehingga orang yang memiliki ilmu dan mau mengamalkannya adalah penerus perjuangan Nabi.

Menjelang tanggal 12 Rabiul Awal 1430 H, Ustadz yang selalu sibuk ini juga menyingung tentang maulid Nabi Muhammad SAW. Tanggal 12 Rabiul Awal selain merupakan hari lahir Nabi juga merupakan hari wafat Nabi, betapa besar kecintaan beliau kepada umatnya sehingga ketika sakaratul mautpun kalimat yang keluar dari bibir mulia itu bukan pertanyaan di mana keluarganya, di mana anak-anaknya, tapi yang keluar adalah kalimat "ummati... ummati...".

Sedemikian besar rasa cinta beliau kepada kita apakah membuat kita juga mencintai beliau. Tentu kita sering membaca rawi yang di dalamnya banyak menceritakan pribadi Nabi, tapi apakah kita sudah mencoba untuk memahami maknanya sehingga menimbulkan rasa cinta kepada beliau.

Di akhir ceramah disampaikan tentang ajakan untuk menggali pribadi Nabi melalui sirah Nabawiyyah yang diantaranya terdapat dalam kitab rawi yang sering dibaca untuk kemudian menjadikan beliau SAW sebagai teladan sebagaimana firman Allah surah Al-Ahzab ayat 21:
لقد كان لكم في رسول الله اسوة حسنة

Acara kuliah subuh ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ust.Robbil Abd.Rosul, imam rawatib Masjid Jami' Nurul Huda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar