Subuh Gabungan 15 Oktober 2009


Subuh Gabungan kali ini diselenggarakan di Masjid Al-Jihad Rt.09, semula direncanakan di Musholla Ar-Rahmah Komplek Jihandak tapi karena satu dan lain hal dipindah ke Masjid Al-Jihad.
Seperti biasa acara dimulai dengan Shalat Shubuh berjamaah dengan Imam Ust.Amrullah Taim S.Sos.I dilanjutkan dengan pembacaan dustur oleh Bp.Eman/Abdurrahman dan tahlil singkat oleh Bp.H.Nur Hasan.
Kali ini diadakan pembacaan kitab oleh Ust.M.Safari S.ST mengambil kitab hadits Arba'in Nawawi, dengan isi sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم
مقدمة المؤلف

Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang
Pendahuluan Penyusun

الحمد لله رب العالمين قيوم السَّموات والأرضين. مدبر الخلائق أجمعين. باعث الرُّسل صلواته وسلامه عليهم إلى المكلفين لهدايتهم وبيان شرائع الدين، بالدلائل القطعية، وواضحات البراهين. أحمده على جميع نعمه. وأسأله المزيد من فضله وكرمه.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Penguasa langit dan bumi, Yang mengatur seluruh makhluk, Yang mengutus rasul-rasul, shalawat dari Allah dan salamNya semoga tercurah kepada mereka, kepada selian mukallaf untuk menunjukkan mereka dan menjelaskan ajaran-ajaran agama dengan dalil-dalil yang pasti dan bukti-bukti yang nyata. Aku memujNya atas semua nikmat-nikmatNya dan aku mohon padaNya, penambahan karunia dan kemurahanNya.

وأشهد أن لا إله إلا الله الواحد القهار. الكريم الغفار, وأشهد أن سيدنا محمداً عبده ورسوله وحبيبه وخليله أفضل المخلوقين، المكرم بالقرآن العزيز المعجزة المستمرة على تعاقب السنين، وبالسنن المستنيرة للمسترشدين المخصوص بجوامع الكلم وسماحة الدين, صلوات الله وسلامه عليه وعلى سائر النبيين والمرسلين وآل كل وسائر الصالحين.

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah Yang Maha Esa, Maha Kuasa, Maha Mulia lagi Maha Pengampun. Dan Aku bersaksi bahwa junjungan kami Nabi Muhammad adalah sebagai hambaNya, paling utamanya seluruh makhluk yang dimuliakan dengan Al-Quran yang agung sebagai mukjizat yang kekal sepanjang masa, dan dimuliakan dengan sunnah-sunnah yang menerangi bagi mereka yang menghendaki petunjuk, dialah orang yang dikhususkan dengan memiliki kata-kata yang singkat dan padat, serta agama yang mudah. Semoga rahmat penghormatan dan salam sejahtera tercurah kepadanya dan seluruh para nabi, para utusan, dan keluarga masing-masing, dan atas seluruh orang-orang yang sholeh.

" أما بعد " ، فقد روينا عن علي بن أبي طالب، وعبد الله ابن مسعود ومعاذ بن جبل، وأبي الدرداء، وابن عمر، وابن عباس، وانس بن مالك وأبي هريرة، وأبي سعيد الخدري رضي الله عنهم من طرق كثيرات بروايات متنوعات أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: " من حفظ على أمتي أربعين حديثاً من أمر دينها بعثه الله يوم القيامة في زمرة الفقهاء والعلماء " . وفي رواية: " بعثه الله فقيهاً عالماً " .

Amma Ba’du, sungguh kami telah meriwayatkan hadits dari Ali bin Abi Thalib, dari Abdillah bin Mas’ud, Mu’adz bin Jabal, Abiddarda’, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Anas bin Malik, Abi Hurairah, Abi Sa’ad Al-Khudri, semoga mereka diridhoi Allah, dari beberapa jalan hadits yang bermacam-macam, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “ Barangsiapa menghafal (karena memikirkan) atas umatku pada empat puluh hadits tentang urusan agama mereka, maka Allah akan membangkitkan orang itu di hari kiamat di dalam golongan para ahli fiqih dan para ulama.” Dan menurut riwayat yang lain: “Maka Allah membangkitkan sebagai orang yang ahli fiqih lagi seorang yang alim”.

وفي رواية أبي الدرداء: " وكنت له يوم القيامة شافعاً وشهيداً " .

Dan dalam riwayat Abiddarda’: “Maka aku (nabi) menjadi pemberi syafa’at dan saksi pembelanya.”

وفي رواية ابن مسعود قيل له: " أدخل من أي أبواب الجنة شئت " وفي رواية ابن عمر " كُتب في زمرة العلماء وحشر في زمرة الشهداء " .

Dan menurut riwayat Ibnu Mas’ud: “Maka dikatakan kepadanya, masuklah surga dari pintu-pintu yang kamu suka”. Dan dalam riwayat Ibnu Umar:”Maka dia dicatat dalam golongan para ulama dan dikumpulkan dalam golongan para yang mati syahid.”

واتفق الحفاظ على أنه حديث ضعيف كثرت طرقه.

Para ahli hadits sepakat kalau hadits ini adalah hadits dho’if, sekalipun banyak sumber riwayatnya.

Karena waktu sudah jam 6 kurang 10 menit, pembacaan kitab disudahi. Dan menurut Ust.Amrullah selanjutnya akan selalu dilakukan pembacaan kitab secara berkesinambungan selain acara rutin ceramah dari asatidz sekitar Rw.08, Rw.07, Rw.10, dan Rw.11. Acara ditutup dengan doa oleh Ust.Mahfuzh Fauzi dan tepat pukul 6 dipungkasi oleh MC yakni Bp.Sudarma SAg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar