Subuh Gabungan 12 Nopember 2009



Masjid Nurul Fathon adalah masjid yang terletak di Rw. 9 (Komplek Kebersihan DKI) Kelurahan Lenteng Agung. Di masjid inilah dilaksanakan subuh gabungan ke-81. Subuh gabungan dimulai dengan shalat subuh berjamaah dengan Imam Ust.Abdurrahman yang memiliki suara empuk (demikian istilah Ust.Amrullah). Ust. Abdurrahman pula yang membaca shalawat dustur. Acara dipimpin oleh MC Bp.Sudarma SAg.

Setelah pembacaan dustur dilaksanakan tahlil singkat dipimpin oleh Ust.Bainuri selaku ketua DKM Masjid Nurul Fathon dan beliau juga yang menyampaikan kalimat tasyakkur sebagai perwakilan dari pengurus. Dalam pidatonya beliau menyampaikan permohonan maaf karena selama ini kurang aktif dalam kegiatan subuh gabungan dan memberi informasi bahwa masjid Nurul Fathon telah berdiri sejak tahun 1976 dan saat itu diresmikan oleh gubernur DKI Bpk. Ali Sadikin.

Taqrir kitab atau pembacaan kitab dilaksanakan oleh Ust.Syaifullah SHI yang menyampaikan bagian awal dari kitab karangan Habib Abdurrahman Assegaf (Al-halaqoh Ar-Robi'ah), yang berisi:

الدرس الأول

في المقدمة
الفقه لغة الفهم و اصـطلاحا العلم با الأحكام الشرعية العملية المكتسب من ادلتها التفصيلية

فائدتها
فائدته امتثال اوامرالله تعالى واجتناب نواهيه

موضوعه
موضوعه افعال المكلفين من حيث عروض الأحكام

حكمه
حكمه الوجوب العيني او الكفائي

واضعه
واضعه الائمة المجتهدين ومنهم ائمة المذاهب الأربعة وهم الشافيعي ومالك وأبو حنيفة واحمدبن حنبل رضي الله عنهم



Setelah pembacaan kitab dilanjutkan dengan tausiyah agama yang kali ini disampaikan oleh Ust.Iyus Saputra. Beliau menyampaikan tentang Ihsan dengan skema yang menarik bahwa perbuatan baik itu landasannya adalah :
1. Muroqobatullah (pengawasan Allah) = Qof : 16-18
2. Ihsanullah (kebaikan Allah) = AlQoshos : 77
3. Ihsanunniyyah (Ihsan dalam niat) = Albaqoroh : 207

Acara ditutup dengan doa oleh Ustadz jamaah Nurul Fathon.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar