Subuh Gabungan 5 Nopember 2009




Persatuan ummat harus dijaga, dalam Islam diajarkan ada ukhuwwah Islamiyah (persaudaraan Islami), ada juga ukhuwwah basyariyyah (persaudaraan kemanusiaan). Demikian di antara inti ceramah pada kegiatan subuh gabungan pagi ini yang disampaikan oleh Ustadz KH. Muhammad Nurdin dari Srengseng Sawah yang juga merupakan guru tetap majelis taklim di lingkungan RW 8 setiap malam Sabtu. Lebih lanjut beliau dengan gayanya yang humoris dan komunikatif mengumpamakan persaudaraan yang harus dijaga adalah seperti jari-jari tangan, ibu jari ibaratnya pejabat pemerintah, telunjuk = orang kaya, jari tengah = ulama, jari manis = pemuda/remaja, dan kelingking = wanita/perempuan. Semuanya kalau berjalan seiring sejalan dan mampu menempatkan diri sesuai dengan kapasitasnya maka akan terciptalah kedamaian.
Beliau juga menyinggung tentang keutamaan orang yang berpagi-pagian untuk menuntut ilmu dan bersilaturrahim seperti yang dilakukan para jamaah pagi ini sebagai tabungan untuk mendapatkan keberkahan hidup di dunia dan akhirat.


Sebelum tausiyah KH. Muhammad Nurdin seperti biasa juga dilakukan pembacaan kitab melanjutkan kitab Arbain Nawawi oleh Ust. Muh. Safari yang mengetengahkan hadits pertama tentang niat.


ا لحـد يث ا لأ ول
" إنـمـا الأعـما ل با لـنـيـا ت "

عــن أ مــيــر ا لــمــؤ مــنــيــن أ بــي حــفــص عــمــر ا لــخــطــا ب رضــي ا لله عــنه قــا ل : رســول الله صــلـى الله عــلــيــه وسـلــم يـقــول : ا نــمـا ا لأ عــمــا ل بـا لــنـيــا ت , و ا نــمــا لـكل امـرئ مــا نــوى , فــمــن كــا نــت هــجــرتــه ا لــى الله و رســوله فــهــجــرتـه الـى الله ورســوله , و مــن كــا نــت هــجــرتــه لــد نــيــا يــصــيــبــهــا او امــرأة يـنـكـحهـا فـهـجـرتــه ا لــى مــا هــا جــر ا لــيــه.
رواه امـا مـا الــمـحـد ثـيـن ا بـوعـبـد الله مــحــمــد بـن اســمــاعــيــل بـن ا بـراهـيـم بـن المغــيــرة بـن بـرد ز بـة الـبـخــا ري ، و ابـوالـحـســيـن مـسـلم بـن ا لــحــجــاج بــن مــســلــم الـقــشــيــري ا لــنــيــســا بــوري رضــي الله عــنــهــمــا فــي صــحــيــحــيــهــمــا الــذ يــن هــمــا أصــح الــكــتــب ا لــمــصــنــفــة .

HADITS PERTAMA
“ Segala Amal itu Tergantung Niat”

Dari Amirul Mukminin Abi Hafsoh Umar bin Khattab ra. Berkata, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Segala amal itu tergantung niat dan setiap orang mendapat balasan amal sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan RasulNya maka hijrahnya itu menuju Allah dan RasulNya. Barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ia harapkan atau karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya itu menuju yang ia inginkan.”
Diriwayatkan oleh dua orang ahli hadits : Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al-Bukhori dan Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairy An-Naisaburi, di dalam kedua kitab tershohih di antara semua kitab hadits yang disusun.

Selain pembacaan kitab dan tausiyah, seperti biasa acara dimulai dengan shalat shubuh berjamaah dengan imam KH.M. Nurdin, shalawat dustur oleh Bp. As'ad, tahlil oleh H. Nurhasan, kalimat tasyakur oleh ketua musholla Al-Ikhlash yakni H. Musohhur Harahap dan ditutup dengan doa oleh Ust.Syaifulloh SHI. Acara sendiri dipimpin oleh MC Bp. Sudarma SAg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar