Subuh Gabungan 19 Nopember 2009



Alhamdulillah, sudah sampai juga kita pada hari ini, tanggal 2 Dzulhijjah 1430 H. Seperti biasa kegiatan Kamis di lingkungan RW. 8 Kelurahan Lenteng Agung adalah Shalat Shubuh Gabungan.

Musholla Al-Barkah, musholla paling ujung yang dimiliki warga RW 8 menjadi tempat pelaksanaan subuh gabungan kali ini. Rutinitas kegiatan subuh gabungan juga belum berubah; shalat shubuh berjamaah, dilanjutkan dengan pembacaan dustur oleh Bp.Sahro, tahlil singkat oleh H.Nurhasan, kalimat tasyakur oleh ketua Musholla Al-Barkah yakni Bp.Drs. Tri Yulianto.

Selanjutnya pembacaan kitab Arbain Nawawi oleh Ust. Muh. Safari S.ST yang sudah menginjak pada hadits yang kedua:

الحديث الثاني
عن عمر رضي الله عنه أيضا قال بينما نحن جلوس عند رسول الله صلى الله عليه وسلم اذ طلع رجل شديد بياض الثياب شديد سوادالشعر لا يرى عليه أثر السفر ولايعرفه منا أحد حتى جلس الى النبي صلى الله عليه وسلم فأسندركبتيه الى ركبتيه ووضع كفيه على فخذيه وقال يامحمد أخبرني عن الاسلام فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم الاسلام أن تشهد أن لا اله الا الله وأن محمدارسول الله وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة وتصوم رمضان تحج البيت ان استطعت اليه سبيلا قال صدقت فعجبنا له يسأله ويصدقه


Dari Umar bin Khattab juga dia berkata: “Suatu ketika kami (para sahabat) duduk di dekat Rasulullah SAW, tiba-tiba muncul kepada kami seorang lelaki mengenakan pakaian yang sangat putih dan rambutnya sangat hitam, tak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan dan tak ada seorangpun di antara kami mengenalnya. Ia segera duduk di hadapan Nabi, lalu lututnya disandarkan kepada lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi,

kemudian ia berkata, “Hai Muhammad, beritahukan kepadaku tentang Islam.” Rasulullah SAW menjawab, “Islam adalah engkau bersaksi tidak ada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan engkau menunaikan haji ke baitullah jika engkau mampu melakukan perjalanan kepadanya.” Lelaki itu berkata:”Engkau Benar”. Maka kami heran, ia yang bertanya ia pula yang membenarkannya.


Setelah pembacaan kitab dilanjutkan dengan taushiyah agama oleh Ust. M. Ali Haris yang ternyata juga memaparkan kitab kuning yakni penggalan dari kitab Durrotun Nasihin mengenai fadilah puasa pada awal bulan Dzul hijjah, yang artinya :

Dari sahabat Ibnu Abbas disebutkan bahwa :

1. Tanggal 1 Dzulhijjah adalah hari diampuninya Nabi Adam as maka yang berpuasa di hari itu Allah akan mengampuni semua dosanya.

2. Tanggal 2 Dzulhijjah adalah hari dikabulkannya doa Nabi Yunus as yang dikeluarkan dari perut ikan maka yang berpuasa pada hari itu seperti orang yang beribadah kepada Allah tanpa melakukan maksiat sepanjang tahun.

3. Tanggal 3 Dzulhijjah adalah hari dikabulkannya doa Nabi Zakaria as maka yang siapa yang berpuasa di hari itu Allah akan mengabulkan doanya.

4. Tanggal 4 Dzulhijjah adalah hari dilahirkannya Nabi Isa as maka yang berpuasa di hari itu Allah akan mencegahnya dari kesempitan dan kefaqiran dan hari pada hari kiamat akan bersama para malaikat yang selalu berbuat baik yang dimuliakan.

5. Tanggal 5 Dzulhijjah adalah hari dilahirkannya Nabi Musa as maka yang berpuasa di hari itu akan terlindung dari sifat munafik dan terlindung dari azab qubur.

6. Tanggal 6 Dzulhijjah adalah hari Allah membuka pintu kebajikan bagi nabiNya maka yang berpuasa di hari itu akan dipandang oleh Allah dengan penuh rahmat dan tidak di adzab.

7. Tanggal 7 Dzulhijjah adalah hari ditutup pintu neraka jahannam dan tidak akan dibuka kembali sebelum tanggal sepuluh yang berpuasa di hari itu Allah akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

8. Tanggal 8 Dzulhijjah adalah hari tarwiyah maka yang berpuasa di hari itu akan memperoleh pahala puasa yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah Ta'ala.

9. Tanggal 9 Dzulhijjah adalah hari arafah maka yang berpuasa di hari itu puasanya menjadi tebusan dosa untuk setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.


Subuh gabungan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Bp. H. Usman, sesepuh Musholla Al-Barkah Rt.14 Rw.08.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar